Belajarlah Dari Perilaku Hidup Lebah


Mari kita belajar dari lebah mahkluk kecil yang memberi manfaat bagi kita.
Perhaitkanlah dari prilaku lebah, lebah hanya menghisap sari pati bunga yang bersih dan terjaga ini mengajarkan setiap Muslim harus mengambil sesuatu yang baik dan halal sebab mengambil hak yang lain hukumnya haram.
Dari makanan yang bersih lebah kemudian mampu menghasilkan yang bermanfaat yaitu Madu maka seorang mukmin harus menghasilkan yang baik dan bermanfaat bagi orang lain, ucapanya, tindakanya, akhlaknya haruslah seperti Madu Manis dan berkhasiat .
Meski lebah mengambil dari saripati bunga tapi ia sama seklai tidak merusak bunga itu dimanapun lebah hingap tak ada tangkai daun ataupun ranting pohon yang patah betapa santunya hewan kecil ini hinga dalam bergaul ia tidak menyakiti siapapun dan senantiasa menjaga kedamaian dalam setiap suasana,
Jangan coba – coba menggangu lebah sengatanya berbahaya dan mematikan meskipun lebah tersebut akan mati setelah menyengat seperti itulah orang beriman ia punya harga diri dan prinsip yang di pertahankan sampai mati.
Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:
“Perumpamaaan orang beriaman itu bagaiakan lebah. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersi hinggap di tempat yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan “
( HR. Ahmad, Al-Hakim, dan Al-Bazzar)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »