APAKAH ANDA ORANG YANG LUAR BIASA? BERIKUT CIRI-CIRI ORANG YANG LUAR BIASA


Semua orang bisa menjadi orang yang luar biasa. Artinya memiliki kemampuan, pencapaian, dan prestasi yang lebih baik dibandingkan kebanyakan orang. Bukan masalah bisa atau tidak, hanya saja jarang yang melakukannya.
Menjadi orang yang baik adalah penting. Menjadi orang terbaik juga penting. Tidak perlu memilih salah satunya, kita bisa mendapatkan keduanya sekaligus.
Menjadi orang baik adalah akhlaq. Menjadi orang terbaik adalah prestasi. Kita bisa menjadi orang terbaik dan tetap berakhlaq yang baik. Akhlaq bukan ditentukan oleh prestasi, tetapi sejauh mana dia memahami agama dan mengamalkanya.
Ada orang kaya yang sombong, tetapi tidak sedikit yang tetap rendah hati. Sementara, banyak orang miskin yang sombong. Abdurrahman bin ‘Auf r.a. adalah orang kaya, tetapi beliau tetap rendah hati.

 Miliki dan Fokus pada Visi dan Misi Yang Besar
Jangan fokus diri pada target-target kecil. Jangan habiskan waktu untuk memikirkan hal-hal kecil. Fokuslah pada diri Anda mau menjadi apa nanti dan apa kontribusi yang akan Anda berikan kepada sesama.
Kita tidak akan pernah menjadi orang yang luar biasa jika hanya memikirkan hal-hal kecil saja. Kita tidak akan pernah besar, jika pikiran kita fokus memikirkan masalah-masalah kecil.
Miliki visi dan misi yang besar, sebagai langkah awal Kita menjadi orang yang luar biasa.
Menjadikan bahagia sebagai tujuan hidup tidak akan menjadikan Kita bahagia. Kita bisa bahagia sekarang juga. Justru dengan menjadi bahagia adalah langkah menuju hidup luar biasa.

 Perbesar Kapasitas Diri
Kita tidak akan mendapatkan sesuatu yang besar, jika kapasitas diri Kita kecil. Jika kita mengambil air dari laut menggunakan cangkir, maka Kita akan mendapatkan air sebanyak kapasitas cangkir. Berbeda jika Kita menggunakan ember, Kita akan mendapatkan air sebanyak kapasitas ember.
Begitu juga dengan diri Kita. Kapasitas diri Kita harus lebih besar untuk bisa mendapatkan dan melakukan hal-hal besar.
Pada dasarnya, Allah sudah menciptakan kapasitas diri manusia itu sangat besar. Hanya saja ada 2 hal yang menjadikan kapasitas diri kita begitu kecil.
1). Kita sendiri yang membatasi kapasitas diri dan/atau
2). Kita tidak mengoptimalkan kapasitas diri kita yang sebenarnya besar.

Maka langkah selanjutnya adalah kita menghilangkan hal-hal yang membatasi diri kita. Dan yang paling kuat dalam membatasi diri kita adalah pikiran kita sendiri.
Miliki pikiran yang positif dan miliki kepercayaan diri yang tinggi agar kita bisa mengoptimalkan kapasitas kita.
Kita tidak bisa mengoptimalkan kapasitas diri kita jika kita tidak memahami ilmunya. Semua ada ilmunya. Dan ilmu untuk mengembangkan kapasitas diri disebut pengembangan diri.
Pada dasarnya untuk memperbesar kapasitas diri adalah dengan:
Menuntut ilmu dan belajar
Merenung dan berpikir dengan optimal
Mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan
Melatih kemampuan agar semakin mahir
Terus-menerus meningkatkan kualitas diri
Atur Sistem, Aturan, dan Standar

Kita perlu memiliki seperangkat sistem, aturan, dan standar untuk menjaga kualitas tindakan dan hasil.
Buatlah aturan sendiri yang menjadikan Kita lebih baik dan terhindar dari kesalahan dan kekurangan yang mungkin terjadi. Buatlah aturan untuk menjaga disiplin dan komitmen diri. Buatlah aturan yang memberdayakan diri Kita.
Kita boleh saja menghapusan aturan yang selama ini mengekang Kita, kecuali aturan dari Al Quran dan hadist. Jika aturan itu dibuat oleh manusia yang tidak benar bahkan entah siapa yang membuat, kenapa harus diikuti?
Aturan dari Al Quran dan hadist menjadikan kita sukses di akhirat, agar kita selamat dunia akhirat. Buatlah aturan-aturan yang tidak bertentangan dengan aturan agama yang menjadikan diri Kita menjadi orang luar biasa.
Intinya aturan ini agar menjadikan Kita disiplin. Buat aturan yang akan menjadikan Kita meraih visi dan misi besar Kita.

 Bisakah Kita Menjadi Orang Luar Biasa?
Pada dasarnya, semua orang memiliki potensi yang sama. Siapa pun bisa. Baik saya maupun Anda. Jika terlihat berat, ya wajarlah. Jika Kita ingin mobil mewah, pasti harganya lebih mahal. Jika Kita ingin menjadi orang luar biasa, pastilah caranya akan berbeda dengan cara biasa.
Kita bisa melakukannya, secara bertahap. Mulai dari yang bisa, kemudian tingkatkan. Lihat poin yang kedua tentang kapasitas diri. Jika Kita merasa berat, karena kapasitas diri Kitaa yang belum cukup. Nanti, setelah kapasitas diri Kita memadai, Kita akan melihat ternyata yang asalnya berat berubah menjadi biasa-biasa saja.

YANG SHARE SAYA SUMPAHIN MENJADI ORANG YANG SANGAT LUAR BIASA

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »